oleh

5 Manfaat Push Up Secara Rutin yang Perlu Anda Ketahui!

Ada banyak manfaat push up untuk Anda yang mau memulai berolahraga. Siapa yang sering berolahraga di rumah? Memang tak salah jika olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.


Ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah dengan praktis salah satunya push-up. Ada banyak manfaat push up yang bisa Anda dapatkan jika dilakukan secara rutin. Push up merupakan latihan atau gerakan yang dapat membangun kekuatan dan memperkuat inti bagian atas tubuh.

Tak sedikit orang yang memasukkan gerakan ini pada rutinitas olahraga sehari-hari, selain praktis, olahraga ini bisa dilakukan dimana saja, kapan saja tanpa memerlukan peralatan yang mahal. Gerakan ini dapat melatih otot dada, trisep dan bahu [1]. Jika dilakukan secara rutin, Anda bukan hanya mendapatkan tubuh yang sehat dan kuat, tetapi juga tampilan badan yang bagus dan berbentuk.


5 Manfaat Push Up


Jika Anda tidak memiliki waktu berolahraga di gym, Anda bisa melakukan push-up di rumah. Manfaat push up bukan hanya dapat membentuk otot pada tubuh tetapi juga bermanfaat dalam organ tubuh seperti jantung dan hormon-hormon tertentu. Untuk lebih jelasnya, berikut 5 manfaat push up secara rutin yang bisa Anda rasakan diantaranya yaitu

  1. Meningkatkan Kekuatan Otot dan Tonus
    Semakin sering Anda melakukan push-up semakin kuat otot dan bagian tonus nya. Tentu hal ini juga disesuaikan dengan variasi gerakan olahraga ini, karena setiap jenis push-up mempunyai manfaat yang berbeda pada otot. Variasi gerakan ini tidak sama dengan push-up standar yang gerakannya nya membuka tangan selebar bahu dengan menggerakkan badan ke atas ke bawah tetapi ada beberapa varian lainnya seperti:
    Narrow push up: gerakan push up Narrow ini yaitu tangan di bawah pusat tulang dada dan ibu jari telunjuk dari masing-masing tangan bersentuhan. Narrow push up dapat memperbesar pectoralis mayor serta otot trisep [1]. Gerakan ini cocok bagi Anda yang ingin meningkatkan kekuatan otot lengan dengan cepat.
    Forward/backward push up: jenis gerakan push up forward atau backward ini dilakukan dengan membuka tangan di depan atau belakang bahu. Manfaat push up ini dapat meningkatkan otot punggung dan perut serta meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas.
  2. Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Jantung
    Manfaat push up dengan rutin selanjutnya yaitu dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular [1]. Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian yang menemukan perbedaan signifikan pada laki-laki yang melakukan push-up 40 kali dengan seseorang yang kurang melakukan push-up kurang dari 10 kali, dimana laki-laki pertama memiliki jantung yang lebih sehat serta 96% lebih kecil terkena kardiovaskular
  3. Jumlah Hormon Pertumbuhan Meningkat
    Manfaat push up yang tak kalah menarik lainnya yaitu dapat meningkatkan jumlah hormon pertumbuhan manusia. Pasalnya jumlah hormon pertumbuhan manusia dapat menurun seiring pertambahan usia, padahal hormon ini bermanfaat untuk memperbaiki sel serta mendukung kesehatan tubuh [2].
  4. Mencegah Osteoporosis
    Selain menguatkan otot, manfaat push up secara rutin juga dapat menguatkan tulang sehingga dapat mencegah osteoporosis. Karena semakin sering melakukan push-up maka otot dan tulang akan padat dan kuat.
  5. Mencegah dan Mengatasi Sarcopenia
    Apakah Anda tahu apa itu sarcopenia? Ini adalah kondisi dimana massa otot mengalami penurunan karena penuaan. Salah satu yang menyebabkan terkena sarcopenia yaitu kurang beraktifitas. Oleh sebab itu, manfaat pusat secara rutin dapat mencegah serta mengatasi sarcopenia [4].
    Sehabis Olahraga, Minumnya AQUA!
    Berolahraga atau melakukan push-up, jangan lupa untuk minum air mineral atau air putih. Pasalnya minum air setelah berolahraga sangat penting dilakukan untuk menyegarkan tubuh kembali, karena setelah berolahraga tentu tubuh terasa lesu, letih dan membutuhkan energi. Minum air putih setelah berolahraga juga dapat menetralkan suhu tubuh, memberikan energi, mencegah tubuh dehidrasi, serta menggantikan cairan tubuh yang hilang lewat keringat.

Dalam memilih asupan air putih tentu harus diperhatikan kualitasnya dengan baik, jangan sampai minum air yang yang tidak sehat biasanya ditandai dengan air berwarna dan bau. Air mineral dari AQUA menjadi pilihan yang pas untuk memenuhi cairan tubuh setelah berolahraga. Air mineral dari Aqua sudah terjamin kualitas dan kebersihannya, AQUA juga sudah berdiri dan memenuhi kebutuhan cairan masyarakat Indonesia lebih dari 48 tahun dengan produksi air mineral berkota dari pegunungan vulkanik.


Tak perlu ragu memilih AQUA, karena produk air mineral yang satu ini memproduksi air mineral berkualitas tinggi dengan 3 perlindungan yang diperhatikan baik, yaitu melindungi ekosistem sumber air, melindungi kandungan kealamian mineral dalam air, serta melindungi proses produksi AQUA agar berkualitas baik hingga ke tangan konsumen.
Cara Aqua untuk melindungi ekosistem sumber air yaitu dengan memperhatikan ekosistem di sekitar sumber air lalu merawatnya.

Kandungan kealamian mineral dalam air juga terlindungi karena proses pengambilan air AQUA tersaring dengan pasir serta batuan vulkanis. Tentunya hasil produksi AQUA juga tak perlu diragukan, karena AQUA menjalani proses pengemasan yang sangat baik dan menggunakan teknologi canggih.


Untuk merasakan manfaat push up dengan maksimal, jangan lupa minum AQUA setelah berolahraga!


Referensi:

  1. https://www.halodoc.com/artikel/ketahui-2-manfaat-melakukan-push-up-setiap-hari
  2. https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-push-up-jika-dilakukan-setiap-hari/amp
    3.http://www.ekorpri.com/BLOG/index.php?option=com_k2&view=item&id=40:7-manfaat-push-up-bila-rutin-dilakukan&Itemid=178
  3. https://www.alodokter.com/ini-dia-empat-manfaat-push-up

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *